JADWAL & SINOPSIS ‘PEKAN FILM DOKUMENTER MAGELANG 2011’.

Borobudur Links | April 20, 2011 | 21.55 wib | Label: Event and News


Borobudurlinks, 20 April 2011. Selama 3 hari akan diputar sedikitnya 3-4 film dan dilanjutkan diskusi. Pada saat pembukaan, yang akan dilangsungkan tanggal 22 April 2011, jam 19.30, juga akan dipentaskan satu tarian tunggal karya dan dimainkan sendiri oleh Eka Pradaning. Sedangkan pembukaannya sendiri akan dilakukan oleh Ki Sambi, pemain kethoprak/wayang orang, penemu wayang gethuk, sekaligus pedagang keris/antic.
Selain seniman tradisional yang gigih, Ki Sambi adalah salah satu wujud nyata penderitaan pedagang pasar Rejowinangun yang terbakar 3 tahun lalu, dan hingga kini tak jelas nasibnya. “Selain penghargaan atas dedikasinya sebagai seniman, upacara pembukaan ini juga menjadi semacam renungan bagi penderitaan pedagang pasar yang tiada habisnya, “ kata Mualim menegaskan.

Jadwal acara secara lengkap adalah:

Jumat, 22 April 2011.
Jam 15.00 s/d Jam 18.00i.
•Film ‘Dunia Kecil Dalam Kotak’, karya Ginanjar Teguh Iman/Herlina Ratnafuri.
Finalis Eagle Award MetroTV 2009.
•Film ‘Langit Merah Bulan Juni’, Karya Komunitas Jeda
•Film ‘Kotaku Kota Patung’, karya Kukuh Ugie.
Pemenang Panasonics Kids Witness News.
•Review oleh Mualim M Sukethi (Alumni FFTV-IKJ, Produser Film/TV).

Jam 19.30.
Pembukaan:
Sambutan-sambutan.
Seni Pertunjukan oleh Eka Pradaning.
Pembukaan oleh Ki Sambi (seniman kethoprak dan penemu wayang gethuk).
Pemutaran film ‘Langit Merah Bulan Juni’ (film tentang Pasar Rejowinangun yang terbakar hampir 3 th lalu, dan hingga kini tak jelas nasibnya. Karya Komunitas Jeda).

Sabtu, 23 April 2011, jam 15.00 – 21.00.
•Film ‘Againts Incapable’, karya Johanes Aditya.
Pemenang ‘Festival Film Dokumenter Jogyakarta 2005’.
•Film ‘ECOFISH, Case From Buleleng’, karya Mualim M Sukethi/Srikaton Mindarwanto.
•Film ‘Menari Di Atas Angin’, karya Ginanjar Teguh Iman.
•Review oleh Hartanto (Mantan Dekan FFTV-IKJ, pendiri GrabagTV).

Minggu, 24 April 2011, jam 15.00 – 21.00.
•Diskusi ’FILM DOKUMENTER & PERMASALAHANNYA’, pembicara: Hartanto, Mualim M Sukethi, Johanes Aditya, Ginanjar Teguh Iman, Herlina Ratnafuri, Komunitas Jeda, Komunitas Matahari, dll.
•Dilanjutkan pemutaran film sesuai keinginan pengunjung.

SINOPSIS FILM2 PESERTA ‘PEKAN FILM DOKUMENTER MAGELANG

1.“DUNIA KECIL DALAM KOTAK”.
“Dunia Kecil dalam Kotak” adalah satu dari 5 Finalis dari Eagle Awards Documentary Competition 2009, yakni ajang kompetisi dokumenter memperebutkan beasiswa produksi dari METRO TV. Film ini bercerita tentang keberadaan ‘Grabag TV’. Stasiun TV Komunitas yang keberadaannya berawal dari kreativitas masyarakat Grabag, Magelang, yang memanfaatkan sebuah tower untuk me-relai siaran TV swasta, untuk kepentingan media komunikasi televisi yang mereka produksi sendiri.

Karya : GINANJAR TEGUH IMAN dan HERLINA RATNAFURI.
Produksi : Metro-TV.

2.“AGAINTS INCAPABLE”.
Film yang memenangkan predikat film terbaik dalam ‘Festival Film Dokumenter Yogyakarta’, ini bercerita tentang tunanetra bernama Tri, penghuni asrama tunanetra Yakatunis. Kehidupan yang senantiasa berada di kegelapan, itu tidak membuat Tri dan teman-teman senasibnya menyerah. Mereka merasa seperti anak-anak normal lainnya.
Mereka bisa bermain bola, memanjat pohon, dan bersekolah. Kadang-kadang tumbuh perasaan minder, memang. Karena masyarakat sekitar seringkali memandang sebelah mata keberadaan mereka. Tapi hal itu tak mematahkan semangat mereka, karena mereka punya impian.

Karya : J. Aditia
Produksi : Komunitas Matahati

3.“LANGIT MERAH BULAN JUNI”.
Kamis, 26 Juni 2008 Pasar Rejowinangun terbakar. Api melalap pasar yang konon merupakan pasar induk terbesar se-eks Karesidenan Kedu. Dalam sekejap, Pasar Rejowinangun sebagai sentra ekonomi Kota Magelang hangus jadi abu. 1700an pedagang kehilangan lapak, kios, berikut barang dagangan mereka.
Dua setengah tahun lamanya mereka terkatung-katung dalam nasib yang tak menentu. Janji-janji pembangunan pasar berulang kali didengungkan tapi kenyataannya, tak lebih dari sekedar kebohongan. Sengsara makin akrab dengan kehidupan para pedagang. Satu demi satu pihak mulai menceburkan diri dalam polemik Pasar Rejowinangun. Masing-masing dengan cara masing-masing. Apakah hal ini mampu menyelesaikan masalah?

Karya : Komunitas Jeda
Produksi : LKIS.

4.“ECOFISH, Case From Buleleng”.
Sebagai Negara kepulauan, Indonesia adalah surga terumbu karang. Namun keindahan terumbu karang itu terancam punah. Sebagian besar dikarenakan potas dan bom yang digunakan nelayan menangkap ikan hias.
Film ini berusaha mengangkat upaya sebuah LSM (Lead Indonesia) memberdayakan nelayan di Buleleng, Bali Utara, mengatasi kerusakan terumbu karang di perairan mereka. Serta mengatasi problem ekonomi karena berkurangnya penghasilan para nelayan itu setelah menangkap ikan dengan cara ramah lingkungan (ecofish).

Karya : Mualim M Sukethi/Srikaton Mindarwanto
Produksi : Lead Indonesia.

5.“Menari Dengan Angin”.
Film ini menampilkan sosok lelaki tua pengajar tari tradisional di kampong Kliwonan, Kota Magelang. Diceritakan bagaimana perjuangan lelaki itu dari mulai belajar menari kala remaja, hingga menapak usia tua sebagai pengajar tari. Semangatnya, sukadukanya, hingga kepedihannya menghadapi kenyataan semakin berkurangnya perhatian generasi masakini terhadap seni tradisi.

Karya : Ginanjar Teguh Iman
Produksi : TVRI Semarang.

6. 'Kotaku Kota Patung'.
Film ini adalah pemenang ke 2 'Kids Witness News', lomba film bagi siswa/i SMP yang diadakan Panasonic. Film ini menceritakan kota kecamatan Muntilan yang dihuni banyak
pengrajin patung batu. Mereka, pengrajin itu menggunakan batu-batu di sungai yang berasal dari Gunung Merapi.
Pada awalnya ada anggapan bahwa pengambilan batu dari Merapi bisa merusak lingkungan. Tapi perajin berkilah, justru mereka menyelamatkan lingkungan. Karena dengan diambilnya batu-batu itu aliran sungai menjadi lancar.

Karya : Kukuh Ugie S
Produksi :SMPN ! Muntilan.

Dan beberapa film lain yang datanya menyusul

Program ini merupakan kerjasama www.borobudurlinks.com dengan ‘Forum Komunikasi Komunitas Film Magelang Raya’ dan ‘Magelang Art pot-pourri’.
Mualim M Sukethi, koord/penanggungjawab.
Untung Laluna, mitra/penghubung.
Ginanjar, Koord Panitia.
Fatikh, humas/pelaksana pemutaran film.

Sekretariat:
www.borobudurlinks.com, Jalan Sarwo Edi Wibowo No 112, Magelang 56172.
Email: bronidog@yahoo.com, Phone: 0293-311682 / 081586756889.

(Myasa Poetika/bolinks@2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
  • 1st
  • 2nd
  • 3rd
  • 4th
  • 5th

Home | Mobile Version | Seni dan Budaya | Manusia Kreatif | Acara dan Berita | Festival 5 Gunung | Networking | Wisata
(c) 2013-2016 Modus Getar | Powered by Day Milovich