PROGRAM PERDANA DUNIA TERA.

Borobudur Links | Desember 11, 2010 | 10.42 wib | Label: Event and News


Borobudurlinks, 11 Desember 2010. Rumah Baca DUNIA TERA, yang secara fisik keberadaannya sedang dalam tahap persiapan, justru akan memulai programnya lewat sebuah diskusi bedah buku “RABET: Runtuhnya Jerman Timur”. Bedah buku yang akan menghadirkan penulisnya, Martin Jankowski, itu akan diadakan pada hari Minggu, 12 Desember 2010, bertempat di ‘DUNIA TERA’, Jalan Balaputra Dewa 99, Borobudur, Kabupaten Magelang (samping hotel Pondok Tingal).
Selain menghadirkan penulisnya secara langsung, pada bedah buku yang akan dimoderatori Sutanto Mendut, itu juga akan dimeriahkan oleh Sosiawan Leak (sastrawan), yang akan membacakan fragmen (penggalan) novelnya. Diskusi yang akan berlangsung antara jam 10.00 s/d 13.00, ini merupakan penutup dari ‘Reading Tours’ yang berlangsung di berbagai kota (Banda Aceh, Jakarta, Bandung, Surabaya, Biak, Bali). Acara ini merupakan kerjasama partner local dengan ‘Goethe Institut’ Jakarta.
Dalam bukunya, Martin Jankowski menceritakan perspektif seorang pemuda Jerman Timur yang mengalami kejadian dan suasana di tahun 1989, pada saat-saat terakhir keberadaan Republik Demokrasi Jerman. Secara tidak sengaja dan demi mencari kehidupan karir untuk terlepas dari “jeruji” masyarakat sosialis, pemeran utama, Benjamin Grasmann terlibat pusaran kejadian pada saat-saat terakhir negara Jerman Timur; Dia melibatkan kita, pembaca, ke dalam revolusi, yang disebut dengan nama revolusi damai, yang dengan kejadian tersebut telah melenyapkan pemerintah negara Jerman Timur.
Mengingat banyak persamaan antara peristiwa politik yang ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin yang mengemparkan dunia pada tahun 1989, itu dengan runtuhnya kekuasaan rezim otoriter Soeharto di Indonesia tahun 1998, dalam kesempatan diskusi nanti Martin akan mendiskusikan kesejajaran dan perbedaan antara sejarah kebangsaan Jerman dengan Indonesia.
“Buku ini diharap bisa menjadi jembatan dialog antara Jerman dan Indonesia dan membuat dua negara ini menjadi lebih dekat dan bersahabat. Buku ini bisa menjadi ajang diskusi antar budaya yang melibatkan siswa dan guru, kelompok pemuda, wartawan, seniman, aktivis politik atau kelompok-kelompok lainnya, “ kata Dorothea Rosa Herliany, pendiri ‘Dunia Tera”.
Selanjutnya, penyair Magelang yang akrab dipanggil Rosa,itu menambahkan: “Bagi kita di Indonesia, buku ini akan mampu menjadi gerbang pembuka sebuah diskusi mengenai hubungan antara Jerman dan Indonesia, mengenai perbedaan budaya, agama, cara hidup yang berbeda. Ini bisa menjadi langkah berikutnya dalam proses memahami satu sama lain yang akan berlangsung selama bertahun-tahun dan melibatkan sejumlah besar orang”.

Beberapa komentar penting tentang buku Rabet, antara lain:

“Jankowski merupakan suara yang paling menarik dari generasi baru penulis Jerman Timur..." (Caroline Wyatt, BBC)

....catatan puitik perlawatan Jankowski bukan sebuah catatan harian seorang pelancong. Ada gairah, haru, humor, yang menyebabkan puisi ini menyentuh kita dengan hangat. (Goenawan Mohammad, dalam catatan untuk buku puisi Detik-Detik Indonesia).


“Dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk novel ini sampai bisa dituliskan!”
(Thomas Meyer, Leipziger Volkszeitung)


“Jarang ada kisah berakhirnya sejarah Jerman Timur bisa diuraikan sedemikian realistis dan pada saat yang sama juga dengan cara yang lucu.”
(Wolfgang Engler, Sociologist, author of “The East-Germans”)


“Martin Jankowski sedang membuat jalannya sendiri memasuki sastra Jerman...”
(Sabine Neubert, ND-Kultur)

Salah satu novel yang mengungkapkan sudut pandang revolusi Eropa....cerita tentang demonstran yang ingin keluar dan yang ingin tetap tinggal di Jerman Timur digambarkan tidak dengan cara sama ....buku Jankowski memperlihatkan sejarah tentang sebuah revolusi yang berbeda yang tidak diungkapkan oleh siapa pun....... Jankowski adalah sedikit dari pengarang yang bisa memberi kupasan tak hanya secara kritis tapi juga ironis.
(Frank Thomas Grub, “Revolution and Reunification in German Literature” 2003, de Gruyter Berlin – New York).
Bagi yang berminat menghadiri diskusi harap konfirmasi ke Hana/DuniaTera (085643764114). (Mualim M Sukethi/bolinks@2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
  • 1st
  • 2nd
  • 3rd
  • 4th
  • 5th

Home | Mobile Version | Seni dan Budaya | Manusia Kreatif | Acara dan Berita | Festival 5 Gunung | Networking | Wisata
(c) 2013-2016 Modus Getar | Powered by Day Milovich